29 December, 2004

Derita ACEH dan Globalisasi

Mengikuti perkembangan setiap informasi yang berhubungan dengan gempa dan gelombang tsunami yang terjadi di Aceh, Thailand, Sri Lanka, hingga ke Maladewa*), kembali mempertegas eksistensi Allah SWT, Dzat yang Maha Berkehendak, Maha Kuasa untuk melakukan apa saja, memberi ujian pada belahan dunia yang satu dan menitipkan kesenangan bagi hambanya dibelahan dunia yang lain.

Yang menarik, kejadian gempa dan gelombang tsunami ini, malah mempertegas bagaimana fenomena dibelahan manapun di dunia ini saling berkaitan, saling bergantung. Ketika sejumlah lokasi di kawasan Malaysia, Indonesia dan Thailand mengalami musibah, dengan serta merta indeks harga saham industri pariwisata di kawasan Uni Eropa, terkoreksi, mengalami penurunan. Kawasan ini dikenal sebagai tempat berlibur orang kaya Eropa, sehingga terdapat Hotel, dan tempat wisata mahal yang pasti diasuransikan. Sehingga sejumlah perusahaan asuransi terkena kewajiban membayar klaim asuransi.

Sisi positifnya jelas ada, bantuan dan komitmen dunia internasional untuk memberikan bantuan mengalir dengan sangat deras. Negara kaya, lembaga-lembaga keuangan maupun lembaga pembangunan internasional, segera menyampaikan komitmennya untuk membantu. Tak kurang dari bantuan pangan, obat-obatan hingga peralatan untuk membangun infrastruktur telah disiapkan untuk diberikan kepada Negara yang mengalami musibah termasuk Indonesia. Semoga saja, mengglobalnya dunia, mempercepat terjadinya kemakmuran dan kesejahteraan bersama bagi penduduknya, bukan sebaliknya.

-------------------------------------------------
*) Kompas (29/12) : ..hingga Selasa kemarin telah tercatat 11 Negara yang terkena imbas bencana ini dengan jumlah korban tewas sedikitnya 55.000 orang. Rincian jumlah korban tersebut : Indonesia 27.174 orang, Sri Lanka 18.706 orang, India 9.400 orang, Thailand 2000 orang, Malaysia 65 orang, Maladewa 70 orang, Somalia 100 orang, Tanzania 10 orang. Seychelles 3 orang, Myanmar 90 orang, dan Bangladesh 2 orang.




1 comment:

Omni said...

You'd love it if you could visit where I live; we feed hundreds of birds, and they sing for us all day long. :-)

Change Management

Adalah dua kata   sakti yang selalu digulirkan bersamaan dengan   momentum momentum berikut : merger, akuisisi, perubahan Bord of ...