05 November, 2008

Kembali ke Kampus UNPAD


Minggu, 26 Oktober 2008 di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran di Jatinangor. Menjadi hari dimana suasana hati menjadi mellow karena kesempatan untuk bernostalgia atas sebuah perjalanan hidup, fragmen sebagai mahasiswa kembali hadir. Bersama dengan Achadiat Nurhikmat (Kang Imat), sahabat saya sejak tahun 1991, saya penuhi undangan dari rekan-rekan Angkatan 2006 yang menjadi Panitia Orientasi jurusan Kesejahteraan Sosial yang dibungkus dengan tittle: Social Welfare on Training (SWoT 2008).

FISIP Setelah 12 Tahun Kemudian


Kesempatan menjadi salah seorang pembicara dalam kegiatan Social Welfare on Training (SWOT 2009) sungguh membahagiakan dan menjadi anugerah buat saya. Ilmu yang selama ini didapat di Kampus, pengalaman kerja, pengetahuan dan jejaring yang selama ini dibuat selama perjalanan menggeluti dunia kerja, ternyata dibutuhkan oleh rekan -rekan mahasiswa baru angkatan 2008 untuk sekedar membangun road map akan perjalanan yang akan dihadapinya sebagai mahasiswa.

Kampus mengalami banyak perubahan. Lebih rindang, banyak bangunan baru dan sebuah Musholla yang ditata sebagai gazebo sehingga memungkinkan untuk dijadikan tempat nongkrong dan kongkow bagi siapa saja. Saat ini sudah tersedia, ruang seminar yang cukup representative yang dipadukan dengan ruang-ruang kecil bagi aktifitas mahasiswa yang memilih untuk menjadi penggiat di jurusan maupun di tingkat fakultas.

NGO Sebuah Alternative untuk Mahasiswa Kesejahteraan Sosial

Dalam kesempatan ini, saya diminta untuk bertutur tentang dinamika yang terjadi di dunia NGO (Non Government Organization), berbekal pengalaman pernah bekerja di ALNI (Asian Labour Network on International Financial Institutions) dan IBL (Indonesia Business Links), saya sampaikan sejumlah requirements and competencies yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa yang ingin menggeluti profesi sebagai penggiat NGO. Mempertimbangkan waktu yang terbatas, dari sejumlah persyaratan dan kondisi tiga hal yang saya sampaikan adalah: pertama research analysis, kedua networking dan ketiga relationship. Research Analysis diperlukan untuk memastikan program kerja yang akan dilakukan sesuai dengan realitas dan kebutuhan masyarakat. Publikasi hasil riset, selain mampu menjadi credit point bagi eksistensi organisasi/lembaga juga diharapkan menjadi alat ukur atas kondisi yang sedang terjadi sekaligus potret dari kondisi dimasyarakat. Kompetensi riset, akan mereka dapatkan dari mata kuliah Pengantar Penelitian Sosial, Metode Penelitian dan Metode Penelitian Pekerja Sosial. Ilmu pendukung yang akan membekali mereka untuk memperkuat adalah Sosiologi, Antropologi.

Networking dan relationship, merupakan kompetensi dasar, dikenal juga dengan term soft skill yang diperlukan untuk menjalani kehidupan dengan kualitas yang baik. Tidak hanya untuk alumni Kesejahteraan Sosial (KS) tetapi untuk profesi dalam bidang apapun. Khusus untuk mereka alumni KS yang akan memilih NGO sebagai ladang pengabdian pasca kampus, kemampuan menjalin networking menjadi kompetensi dan keahlian dasar yang mutlak untuk mendukung terlaksananya sebuah program dan pengembangan organisasi. Keterbatasan resources, berbanding terbalik dengan problem masyarakat yang dihadapi. Sementara, ada banyak sumber yang juga terbatas namun memiliki ketertarikan yang sama untuk melakukan sesuatu untuk masyarakat yang mengalami masalah atau keterbatasan yang lain. Kemampun melihat dan menjembatani sejumlah resources inilah yang akan bermanfaat besar dalam kehidupan seorang penggiat NGO. Tidak hanya masalah dana atau funding tetapi juga hal-hal yang terkait dengan kompetensi keahlian, dan sinergi program. Laksana menyusun puzzle, kemampun networking, menjadikan noktah atau pecahan program yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga dapat tersusun menjadi gambar yang utuh dan jauh lebih Indah untuk membangun masyarakat Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Keahlian ini dapat terasah dengan baik, karena selama menjalani masa perkuliahan akan menerima mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik dan Sistem Ekonomi Indonesia.

Relationship, dalam pemahaman saya, adalah sebuah kemampuan yang terbangun dari pengetahuan sekaligus teknik yang lebih mengarah kepada seni bagaimana menjalin hubungan personal dengan sebaik-baiknya. Pemahaman dan kemampuan khusus dalam menyelami kepribadian seseorang akan membantu kita dalam mengungkapkan kehendak kita. Manfaat lain, kemampuan mencermati kondisi psikologis orang lain, akan memudahkan kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengajukan sejumlah gagasan atau program kerja sesuai dengan mood yang sedang terjadi pada orang yang bersangkutan. Membangun, memelihara dan mengembangkan relationship tentu saja memerlukan investasi, terutama waktu, yang tidak sebentar. Sehingga selama rentang waktu tersebut, diperlukan konsistensi dalam membangun citra diri yang positif yang pada akhirnya akan menjelma menjadi integritas pribadi yang mumpuni. Menjadi orang yang dapat dipercaya, tidak pernah cedera janji dan mampu menunjukkan sebagai pribadi yang dapat diandalkan, memudahkan kita untuk melakukan sejumlah kerjasama bisnis sekaligus program pada masa yang akan datang.

Penutup

Kompetensi dasar, terutama yang saya sampaikan dalam penjelasan diatas, dua diantaranya, yaitu networking dan relationship akan terasah jika selama menjalani masa perkuliahan rekan-rekan mahasiswa baru turut aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, baik ditingkat jurusan, fakultas apalagi jika mampu di tingkat universitas. Dalam skala yang paling minim, setidaknya kembangkan kompetensi diri melalu aktivitas di tingkat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan minat dan ketertarikan yang dimiliki.

Saya percaya, jika kehidupan selama menjadi mahasiswa diisi dengan hal-hal yang positif akan menjadi investasi sekaligus kenangan yang tidak akan terlupakan.

Selamat! Anda telah menjadi bagian dari sedikit masyarakat Indonesia yang beruntung mampu mengenyam pendidikan di tingkat tinggi.

No comments:

Change Management

Adalah dua kata   sakti yang selalu digulirkan bersamaan dengan   momentum momentum berikut : merger, akuisisi, perubahan Bord of ...