27 January, 2005

UNI on Care

Hari ini, Rabu, 26 Januari 2005. Sesuai dengan yang direncanakan sejak tiga minggu sebelumnya, merupakan waktu yang telah ditentukan untuk terbang ke Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Bersama dengan rekan dari SPPI (Brother Jaya Santoso) dan Sekar Perumnas (Brother H.Endang Muhtar), melaksanakan missi kemanusiaan untuk mendapatkan dan mengumpulkan data anggota SP yang berafiliasi dengan ASPEK Indonesia, yang mengalami musibah gempa dan tsunami di NAD, 26 Desember 2004, persis satu bulan lalu. Perjalanan ini sendiri, terlaksana atas bantuan finansial dari Solidarity Center.

Semoga, niat mulia dan dukungan yang sangat besar dari solidaritas internasional terkait dengan hal ini, dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa pemikiran yang dapat dikembangkan. Meminjam 3R, Tim Bank Danamon : Relief, Recovery dan Rebuild. Tampaknya missi ini akan diorientasikan kepada recovery dan rebuild, hal ini dipilih karena sebagaimana diketahui bersama, saat ini, sudah sangat banyak lembaga internasional,LSM dan tentu saja pemerintah RI sendiri, melakukan sejumlah tindakan untuk fase relief.

Apa yang hendak dicapai? Ketersediaan data aktual dan faktual, tentang nasib anggota SP, khususnya yang berafiliasi dengan ASPEK Indonesia. Sehingga, dapat dicarikan bentuk bantuan terbaik bagi korban tsunami tersebut. Sebuah kerja besar yang didukung oleh sejumlah lembaga partner ASPEK. Beberapa diantaranya adalah FES, Solidarity Center dan UNI.

Dalam pemikiran pribadi, ada beberapa rencana kerja yang layak untuk direncanakan : Pertama, membangun sarana untuk sekolah bagi anak-anak korban Tsunami, kalaupun tidak ASPEK Indonesia, harus berani untuk menjadi lembaga yang turut serta mendanai biaya pendidikan sejumlah anak tersebut, paling tidak sampai dengan SMA. Kedua, membangun "Union Center", yang akan menjadi pusat kegiatan yang terkait dengan pembangunan kembali, embrio aktivitas dan gerakan aktivitas serikat pekerja, meliputi pendataan potensi yang masih dimiliki SP, jumlah anggota dan trainer yang masih hidup, gedung dan sarana kerja lain yang masih layak digunakan. Union Center ini diharapkan menjadi tempat berkumpul seluruh potensi serikat pekerja yang lintas organisasi, lintas konfederasi, akan menjadi data center bagi rencana-rencana kegiatan union dimasa yang akan datang. Tugas terdekat adalah menjadi mitra untuk memperjuangkan hak - hak pekerja yang berhubungan dengan Jamsostek dan lembaga keuangan, seperti perbankan. Ketiga, tentu saja adalah aktivitas -aktivitas pendidikan bagi pekerja yang ada di NAD dan SUMUT. Sehingga, seiring dengan perbaikan dan pembanguna yang terjadi diAceh diiringi dengan kualitas pekerja yang kembali melek serikat.

Semoga misi ini, sebagai tim yang memiliki tugas sangat awal, untuk kerja -kerja besar lainnya dikemudian hari berjalan dengan baik dan lancar.

No comments:

Change Management

Adalah dua kata   sakti yang selalu digulirkan bersamaan dengan   momentum momentum berikut : merger, akuisisi, perubahan Bord of ...