23 May, 2006

Makam Teuku Umar Johan Pahlawan, Meulaboh


Rabu, 17 Mei 2006, Indonesia Business Links bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Solidaritas untuk Anti Korupsi (SuAK, kembali mengadakan Workshop on Business Ethics : "Managing Dilemma on Facilitating Payments", serial workshop yang diselenggarakan di 6 (enam) kota di Indonesia termasuk Jakarta.

Dalam kesempatan menunggu hari dan jam terbang ke Medan dari Meulaboh, aku sempatkan berziaah ke Makam Teuku Umar Johan Pahlawan. Makam yang berada di kawasan terpencil didalam hutan. Untuk sampai kesini, memerlukan satu jam perjalanan dengan kendaraan roda empat dari kota Meulaboh. Kawasan ini disebut Meugo.

Makam ini, bukan makam pertama bagi Teuku, rekan yang mengantar saya, ini adalah makam yang kedua. Mengapa? Karena para pejuang "Tanah Rentjong", tidak ingin jasad syahid ini, menjadi alat propaganda untuk meruntuhkan moral dan tekad perjuangan rakyat Aceh. Sehingga, jasad beliau sengaja disembunyikan dari intaian penjajah.

Makam ini dilengkapi dengan balai - balai untuk pengunjung yang hendak melakukan ritual ibadah seperti tadarus atau sholat, dapur umum dan alat-alat masak secukupnya dan lapangan yang digunakan untuk upacara ketika memperingati hari Pahlawan setiap tanggal 10 Nopember.

Yang istimewa di kawasan makam ini adalah, ada pohon (konon merupakan tongkat yang digunakan untuk tandu Teuku Umar, yang ditancapkan begitu saja dan tumbuh sampai saat ini) yang mampu menampung air. Istimewanya air yang tertampung diantara pohon tersebut tidak pernah habis untuk di minum sampai ribuan orang. Demikian juga, tak pernah kering kala musim kemarau. Sehingga, bagi yang mempercayainya, air ini dapat digunakan sebagai obat bagi anak-anak yang terkena demam, dan penyakit ringan lainnya.

Subhanallah, senantiasa ada hikmah dan tausyiah, ketika berkunjung ke Makam para mujahid dan orang-orang shaleh..

No comments:

Change Management

Adalah dua kata   sakti yang selalu digulirkan bersamaan dengan   momentum momentum berikut : merger, akuisisi, perubahan Bord of ...